Tuesday, March 9, 2010

Peeling di Rumah Praktis, Wajah Lebih Cling



Di zaman serba instan ini, kepraktisan dan kecanggihan perawatan kulit kerap menjadi penentu pilihan. Di antaranya yang sangat populer adalah teknologi laser terbaru (kini menggunakan CO2 Laser atau Erbium-CO2 Laser) dan mikrodermabrasi yang bertujuan meremajakan kulit lapisan terluar (epidermis), diiringi dengan proses pemulihan kulit sekaligus menstimulasi produksi kolagen secara alami. Kulit baru yang terbentuk dijamin akan lebih halus, mulus, dan bebas keriput dalam waktu singkat.

Namun, bagi wanita aktif yang tak punya banyak waktu luang untuk pergi ke klinik kecantikan, ada cara lain yang bisa ditempuh, yakni peeling di rumah. Selain harga lebih terjangkau, proses ini tak membutuhkan anestesi dan tak mengharuskan Anda tinggal di rumah pascaperawatan.

Menurut dr. Amaranila Lalita Adrijono, Sp.KK, prosedur peeling yang dikerjakan di rumah termasuk di dalam kategori very superficial peeling yang artinya hanya menggunakan zat aktif yang relatif aman, yakni retinoic acid/tretinoin dalam kemasan krim malam, atau dengan AHA berkonsentrasi 15%-20%. Zat-zat ini berguna untuk mengangkat tumpukan sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel kulit sehat bila dilakukan dalam jangka panjang.

Beda dari exfoliating, peeling, dan mikrodermabrasi di klinik
Mendengar kata peeling, mungkin langsung terbayang salah satu proses facial di salon atau klinik, yakni exfoliating yang umumnya menggunakan scrub khusus. Peeling adalah teknik pengelupasan kulit yang bertujuan meremajakan lapisan epidermis demi mendapatkan kulit baru yang mulus, bebas masalah termasuk vlek dan garis halus.

Sedangkan exfoliating hanya merontokkan sel kulit mati --yang membuat kulit terlihat kusam-- tapi hasilnya hanya sementara. Wajah yang cerah hanya bertahan hingga 2-3 hari karena sebum dan sisa kotoran di pori-pori tidak terangkat tuntas.

MAU COBA?
1. Resurface Peel dari Lancome. Sistem peeling yang dilengkapi dengan rangkaian produk pasca-perawatan untuk membuat kulit nyaman. Mengan-dung 8% glycolic acid dan 5% physio peel enhancer. Relatif aman untuk kulit sensitif. Kulit akan mengelupas setelah 2 hari pemakaian.
2. Facial Peeling dari Clarins. Mengandung clay (tanah liat) alami yang berkhasiat mengelupas kulit secara lembut. Bisa mengangkat kotoran hingga ke kulit bagian dalam dan mere–majakan kulit.

3. Idealist Micro D dari Estée Lauder. Memiliki aksi thermal yang bertujuan menghangatkan kulit, dengan demikian akar sel kulit jadi terbuka sehingga mudah dibersihkan dan kemudian mengecilkan pori-pori. Lakukan 1-2 kali seminggu sampai produk habis. Sesudahnya beri jeda sekitar sebulan atau lebih untuk meneruskan perawatan lagi.

Sumber : http://www.femina-online.com